SEBAGIAN besar orang pernah membiarkan
pikiran mereka mengembara kemana-mana, bahkan saat jam kerja. Studi yg
melibatkan 124 orang menemukan, partisipan menghabiskan 30 persen dari
waktu mereka dengan pikiran melayang. Hal ini terjadi bahkan saat
melakukan tugas-tugas penting.
Menurut peneliti Michael Kane, PhD, dari
University of North Carolina, buyarnya konsentrasi ini disebabkan oleh
kebosanan, keletihan, dan stres. Untuk menjaga agar otak tetap fokus,
berikut beberapa langkah sederhana yg bisa menjadi panduan Anda:
Di
tempat kerja Susun jadwal dan buat prioritas. Jika Anda memiliki
beberapa daftar tugas, putuskan pekerjaan yg perlu diselesaikan terlebih
dahulu dan jauhkan tugas-tugas lainnya dari meja kerja dan layar
komputer Anda."Jika jauh dari mata, akan jauh dari pikiran," terang
Kane, seperti dikutip situs prevention.com.
Jauhkan memo, e-mail, atau
apa pun yg bisa mengingatkan bahwa Anda sedang dikejar berbagai tugas."
Selain
itu, bersihkan ruangan kantor atau meja kerja Anda dari hal-hal yg bisa
mengalihkan perhatian.
Cobalah tantang diri Anda dengan memikirkan satu pertanyaan dan secara
aktif mengikuti diskusi. Anda kemungkinan ketinggalan sebentar saat
memikirkan pertanyaan, tapi Anda akan kembali fokus dengan topik
berjalan berikutnya.
Ubah pemandangan. Saat mulai kehilangan
konsentrasi, tinggalkan meja kerja dan berjalanlah keluar utk
menyegarkan pikiran. Dengan cara ini, otak mengaitkan meja kerja Anda
hanya dengan pekerjaan, bukan berkhayal.
Jika tak menyediakan waktu
istirahat secara teratur, khususnya saat Anda tak menikmati pekerjaan,
maka otak Anda yg akan beristirahat," terang Schooler.
Sumber MediaIndonesia.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 Response to "Otak Butuh Konsentrasi"
Posting Komentar