Otak Butuh Konsentrasi

SEBAGIAN besar orang pernah membiarkan pikiran mereka mengembara kemana-mana, bahkan saat jam kerja. Studi yg melibatkan 124 orang menemukan, partisipan menghabiskan 30 persen dari waktu mereka dengan pikiran melayang. Hal ini terjadi bahkan saat melakukan tugas-tugas penting.

Menurut peneliti Michael Kane, PhD, dari University of North Carolina, buyarnya konsentrasi ini disebabkan oleh kebosanan, keletihan, dan stres. Untuk menjaga agar otak tetap fokus, berikut beberapa langkah sederhana yg bisa menjadi panduan Anda:

Di tempat kerja Susun jadwal dan buat prioritas. Jika Anda memiliki beberapa daftar tugas, putuskan pekerjaan yg perlu diselesaikan terlebih dahulu dan jauhkan tugas-tugas lainnya dari meja kerja dan layar komputer Anda."Jika jauh dari mata, akan jauh dari pikiran," terang Kane, seperti dikutip situs prevention.com.

Jauhkan memo, e-mail, atau apa pun yg bisa mengingatkan bahwa Anda sedang dikejar berbagai tugas."

Selain itu, bersihkan ruangan kantor atau meja kerja Anda dari hal-hal yg bisa mengalihkan perhatian. 

Cobalah tantang diri Anda dengan memikirkan satu pertanyaan dan secara aktif mengikuti diskusi. Anda kemungkinan ketinggalan sebentar saat memikirkan pertanyaan, tapi Anda akan kembali fokus dengan topik berjalan berikutnya.

Ubah pemandangan. Saat mulai kehilangan konsentrasi, tinggalkan meja kerja dan berjalanlah keluar utk menyegarkan pikiran. Dengan cara ini, otak mengaitkan meja kerja Anda hanya dengan pekerjaan, bukan berkhayal.

Jika tak menyediakan waktu istirahat secara teratur, khususnya saat Anda tak menikmati pekerjaan, maka otak Anda yg akan beristirahat," terang Schooler.

Sumber MediaIndonesia.com

0 Response to "Otak Butuh Konsentrasi"

Posting Komentar