Jaga Kesehatan Jantung Dari Kebiasaan Buruk

Jantung adalah organ yang penting dalam tubuh manusia. Jantung bertanggung jawab untuk memompa darah keseluruh tubuh yang akan menyalurkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar dapat berjalan dengan baik. Bila jantung berfungsi dengan baik maka seluruh nutrisi dalam darah dapat tersalurkan keseluruh tubuh dengan baik.

Kebiasaan hidup yang buruk dan kurang sehat dapat menyebabkan terganggunya kesehatan jantung. Kebiasaan buruk ini biasanya tidak kita sadari sampai semuanya terlambat. Berikut ini kebiasaan buruk untuk kesehatan jantung yang biasa dilakukan.

Konsumsi alkohol

Mengkonsumsi alkohol dalam waktu yang jarang tidak terlalu berdampak buruk pada kesehatan jantung, seperti halnya minuman anggur yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun masalah terjadi bila kita memiliki kebiasaan minum-minuman beralkohol secara rutin dan dalam porsi yang banyak. Alkohol memiliki efek yang buruk bagi kesehatan jantung bila dikonsumsi dalam waktu jangka panjang. Akibat yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan konsumsi alkohol adalah penyakit jantung dan meningkatkan resiko darah tinggi ( hipertensi ).

Terlalu banyak garam

Banyak dari kita yang menyukai makanan yang memiliki rasa asin dengan menambahkan extra garam dimakanannya. Garam adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan darah tinggi. Darah tinggi menjadi salah faktor terjadi penyakit jantung. Jadi mulai sekarang kurangi kadar garam dalam makanan untuk menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung.

Kurang olahraga

Kesibukan adalah salah satu faktor tidak sempatnya seseorang untuk berolahraga. Olahraga yang kurang dapat membuat kondisi tubuh menjadi kurang fit dan dapat membuat menjadi gemuk. Dengan semakin lemahnya tubuh dan menumpuknya lemak dalam tubuh dapat menjadi penyebab penyakit jantung. Luangkan sedikit waktu untuk berolahraga agar tubuh bergerak dan melatih jantung agar tetap sehat.

Depresi dan stres yang berkepanjangan

Depresi dan stres dapat menjadi faktor yang sangat berperan dalam kesehatan manusia. Depresi dan stres yang berkepanjangan dan tidak terselesaikan dapat membuat tubuh menjadi rentan dan lemah, salah satu bagian yang akan diserang adalah jantung.

Makan berlebih dan tidak sehat

Sering kali kita makan makanan dengan porsi lebih bahkan dengan jenis makanan yang tidak sehat yang terlalu banyak mengandung lemak, gula dan berpengawet. Kebiasaan makan berlebih dan berlemak akan membuat tubuh menjadi gemuk dan membuat resiko penyakit jantung semakin tinggi. Makanlah secukupnya dan tentunya dengan makanan yang sehat dan bergizi.

Merokok

Berdasarkan penelitian merokok penyumbang 30 persen sebagai penyebab kematian karena penyakit jantung. Zat adiktif dan racun yang terkandung dalam rokok merupakan faktor yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Rokok juga berpotensi besar menyebabkan berbagai penyakit kanker seperti paru-paru, mulut dan lain-lain.

Kurang tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan hormone tubuh menjadi tidak seimbang. Tidak seimbangnya hormon dapat menyebabkan meningkatnya hormon stres dan berdampak pada kesehatan jantung. Tidur sehat untuk orang dewasa berkisar 7-8 jam sehari.

Banyak kebiasaan buruk yang sering kita lakukan yang tanpa sadar dengan semua kebiasaan tersebut akan berakibat buruk bagi kesehatan. Mulailah menjalani pola hidup sehat untuk mendukung jantung sehat dan tubuh sehat.
 
Sumber Infosehat . Semoga bermanfaat....

0 Response to "Jaga Kesehatan Jantung Dari Kebiasaan Buruk"

Posting Komentar